1.
Pengertian Organisasi
Organisasi adalah suatu pengaturan orang-orang
secara sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Perguruan tinggi atau
univeritas adalah sebuah organisasi. Organisasi memiliki tiga ciri umum.
Organisasi mempunyai tujuan tertentu. Tujuan
ini biasanya diungkapkan dalam rangka sebuah sasaran atau serangkaian sasaran
yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut. Organisasi terdiri atas manusia-manusia. Satu
orang yang bekerja sendirian bukanlah sebuah organisasi. Dan untuk menjalankan
pekerjaan yang perlu agar organisasi tersebut mencapai sasarannya dibutuhkan
orang-orang. Semua organisasi mengembangkan suatu struktur
secara sengaja agar anggota-anggotanya dapat melaksanakan pekerjaan mereka.
2.
Hubungan Manajemen dan Organisasi
Istilah manajemen mengacu pada proses
mengkoordinasikan dan mengintegrasikan kegiatan-kegiatan kerja agar
diselesaikan secara efisien dan efektif. Dengan melalui orang lain.
Secara spesifik ada tiga alasan
utama dibutuhkannya manajemen dalam organisasi, yaitu:
-- Mencapai tujuan,
manajemen mempermudah pencapaian tujuan organisasi dan pribadi.
-- Menjaga keseimbangan
diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan, manajemen menyeimbangkan
tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan di antara
pihak-pihak yang berkepentingan dalam organisasi (stakeholders) seperti
pemilik, karyawan, konsumen, pemasok dan lain-lain.
-- Mencapai efisiensi dan
efektifitas, efisiensi dan efektifitas merupakan ukuran prestasi organisasi.
Empat fungsi manajemen
untuk mencapai tujuan atau yang dikenal sebagai proses manajemen adalah sebagai
berikut :
Perencanaan (planning)
Proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya
Proses untuk menentukan tujuan yang akan dicapai serta langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapainya
Pengorganisasian (organizing)
Proses pemberian
tugas, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara terkoordinir
kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana yang telah dibuat.
Memimpin (leading)
Proses menumbuhkan
semangat pada karyawan agar bekerja dengan baik dan membimbing mereka untuk
melaksanakan kegiatan yang sesuai rencana.
Pengendalian (controlling).
Proses mengukur
kinerja, membandingkan antara hasil sesungguhnya dengan rencana yang telah
dibuat serta mengambil tindakan koreksi yan diperlukan.
3.
Hubungan Manajemen dan Tata Kerja
Tata Kerja atau metide adalah satu cara
bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat
dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan
dengan tepat pula.
Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja
dapat dilukiskan seperti di bawah ini :
-- Manajemen
Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
-- Tata Kerja
Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
4.
Hubungan Manajemen, Organisasi dan
Tata Kerja
Eratnya hubungan atau hubungan timbale balik
antara ketiga hal tersebut adalah sebagai berikut Manajemen
: Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
Organisasi
: Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.Tata Kerja
: Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan
sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Dari konsep ini, jelaslah bahwa baik manajemen, organisasi maupun
tata kerja ketiganya diarahkan kepada tercapainya tujuan.
Referensi :
Kertonegoro, S. (1994), Manajemen Organisasi, Edisi 1, Jakarta,
PT Widya Press Jakarta
Robbins, S.P. dan Coulter, M. (1999),
Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1, Jakarta, PT Prenhallindo
https://sites.google.com/site/manajemendanorganisasi/
http://rianprasetyamulya.blogspot.com/2009/12/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan konten yang baik :