Kamis, 19 Juni 2014

Resensi Buku "TOLONG, RADITH MEMBUAT SAYA BEGO!"


 IDENTITAS BUKU
Judul Buku                   :  TOLONG, RADITH MEMBUAT SAYA BEGO!
Nama Penulis              :  Raditya Dika dan teman-teman sepermainan
Nama Penerbit            :  GagasMedia
Tempat Terbit             :  Jakarta Selatan
Tahun Terbit               :  Cetakan Pertama, 2008
                                       Cetakan Ke Tujuh Belas, 2013
Jumlah halaman         :  XVI + 126 halaman
Harga Buku                 :  Rp 18.000,-

CUPLIKAN ISI BUKU
Buku ketiga gue, Radikus Makankakus, sepertinya banyak membuat prang salah kaprah. Banyak orang mengira dari juduknya, Radikus Makankakus bakalan berhubungan dengan kakus. Entah ada cerita tentang kakus atau ada hubungannya dengan gue makan-kakus, pokoknya berhubungan erat dengan kakus, deh.
Padahal, Radikus Makankakus berarti nama latih dari Raditya Dika. You know, misalnya kucing itu nama latinnya Felix catus, nah gue itu ceritanya punya nama latin Radikus Makankakus. Gue sama sekali tidak bermaksud untuk membuat buku kakus-kakusan.
Kesalahpahaman dialami juga oleh nyokap gue. Sewaktu buku Radikus Makankakus baru terbit, nyokap langsung mengajak gue bicara.
‘Mama denger dari Ingga-Anggi…..’
‘Katanya judul buku baru kamu ada makan-kakus makan-kakusnya ya?’
‘Iya sih, kenapa emang?’
Nyokap ngamuk, ‘KAMU NGAPAIN LAGI SAMPAI MAKAN KAKUS?’
‘Hah?’
‘Iya, di buku baru kamu itu, kamu makan kakus?’
‘Engga!’ Gue shock. ‘Itu judulnya Radikus Makankakus tapi gak ada makan kakusnya.’
Nyokap membenarkan duduknya, dia mengambil napas panjang dan mengembuskannya kembali. ‘Kata Ingga-Anggi, dalem buku itu ada potonya segala. Itu poto kamu makan kakkus?’
‘BUKAAAAN! Di buku itu ada poto-poto, tapi gak ada poto makan kakus, ya ampun… makan kakus itu bagian dari judulnya… Radikus Makankakus gitu lho…. Makanya, beli dulu bukunya!’
‘BENER?’ Nyokap nggak yakin.
‘Ya ampuuunnnn. Bener. Beli aja bukunya!’ kata gue sambil berharap nyokap membeli bukunya dan nambahin royalti gue.

GARIS BESAR ISI BUKU
Buku ini merupakan buku Non-Fiksi Komedi karya Raditya Dika dan teman-teman sepermainannya. Isi buku ini menceritakan tentang proyek yang memperlihatkan bahwa penulis dan pembaca bermain bersama. TOLONG, RADITH MEMBUAT SAYA BEGO! Adalah kumpulan tulisan Raditya Dika bersama teman-teman sepermainannya lewat kontes “Aku dan Buku Radith-ku” yang dibuat di www.radityadika.com. Konsep si Raditya Dika adalah membuat kompetisi sederhana untuk para pembaca mengapresiasikan tulisan mereka melalui websitenya untuk mengirimkan foto aksi dan tulisan peserta kontes yang aneh, unik serta gila menggunakan buku-buku hasil karangan Raditya Dika seperti Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus dan Radikus Makankakus.

KELEBIHAN
Covernya bagus, unik dan tulisannya timbul. Bahasa yang digunakan pada buku ini adalah bahasa sehari-hari dan informal, memudahkan pembaca untuk memahami dan membayangkan saat membaca sehingga pembaca bisa terhibur. Terdapat kumpulan foto, gambar ilustrasi yang unik dan lucu serta cerita dari tulisan yang berbeda-beda penulisnya (Raditya Dika dan teman-teman sepermainan) yang dimuat dalam satu buku ini. Memanfaatkan kertas daur ulang sehingga harga beli buku ini cukup murah.

KELEMAHAN
Bahasa yang digunakan vulgar dan tidak termasuk bahasa yang sopan. Kertasnya buram dan foto yang dimuat dalam buku ini kurang jelas karena tidak berwarna.

Saya meresensi buku ini karena buku ini cukup menghibur saya saat membacanya, buku non fiksi-komedi membuat pembaca menjadi tertawa, terhibur dan bahasanya mudah sekali dipahami. Membaca buku ini juga membuat pembaca berimajinasi dan dari judul buku membuat penasaran untuk dibaca.





3 komentar:

  1. Saya juga suka buku ini, kak
    Keren aja gitu, Raditya emang gapernah ngecewain sih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan konten yang baik :