Marketing Mix adalah sekumpulan variable - variabel
pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk
mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran
Marketing mix mempunyai unsure 4P yakni Product, Price,
Promotion dan Place.
1. PRODUCT
Produk terbagi menjadi dua yakni produk
bisa dilihat dan hanya bisa dirasakan(tidak bisa dilihat). Suatu produk perlu
diperhatikan kualitas, layanan dan lain-lainnya karena konsumen pada saat membeli
bukan sekedar keinginan tetapi juga membutuhkan produk itu sendiri, maka harus
diperhatikan kepuasan sang konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh sebuah
perusahaan.
2. PRICE
Dalam menentukan harga, strategi yang
ditawarkan kepada konsumen menjadi penentu apakah konsumen mau membeli produk
tersebut atau tidak.
3. PROMOTION
Strategi dalam mempromosikan atau
mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli,
penjual harus pandai menyusun strategi promosi agar produk dikenali dan menarik
banyak konsumen.
4. PLACE
Strategi place disebut juga saluran
distribusi, berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk
disertai dengan hak pemiliknya dari prodesun ke konsumen atau pemakai.
5. PARTISIPANT OR PEOPLE
Partisipant yang dimaksud adalah mereka
yang ikut berpartisipasi dalam strategi pemasaran sebuah produk atau jasa, para
pelayan, kasir, chef dan lain-lainnya, baik yang terlihat langsung atau tidak.
6. PROCESS
Process menunjukkan bagaimana proses
pelayanan yang diberikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk
atau jasa yang kita tawarkan.
7. PHYSICAL EVIDENCE
Lingkungan fisik berkaitan dengan keadaan
atau kondisi yang didalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan
fisik merupakan segi paling jelas dan Nampak dalam kaitannya dengan situasi
pemasaran. Maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kodisi
secara geografi, lingkungan institusi, dekorasi ruangan, adanya suara, aroma fisik,
cahaya yang terpancar, cuaca yang baik, peletakan dan layout yang Nampak.
Dalam tulisan kali ini saya akan mengulas mengenai strategi
sebuah perusahaan yakni Calton Dessert House yang berlokasi di JL.Kartini Raya
No.16G, Depok yang menyajikan aneka dessert khas Taiwan.
1. PRODUCT
Saya termasuk konsumen Calton Dessert House
yang hampir sering berkunjung. Produk yang paling favorit disana adalah Matcha
Milk Tea with Egg Pudding. Ada juga
minuman greentea yang dipadukan dengan susu dan topping egg pudding.
Menu lainnya juga ada fresh fruit tea
(minuman rasa buah yang dipadukan dengan greentea), fresh milk tea(minuman
greentea yang dipadukan dengan susu), original tea, snack dan dessert khas Taiwan.
Dessert yang ditawarkan oleh Calton Dessert
House yakni perpaduan Vanilla Ice Cream, Gress Jelly (cincau), kacang merah,
bubble, taqo q balls, sweet potato balls dan egg pudding.
Disana juga terdapat Nasi Goreng dan Snacks
seperti kentang goring yang diberikan bumbu yang sangat lezat.
2. PRICE
Menurut saya, harga yang ditawarkan sesuai
dengan produk yang ditawarkan, mereka memberikan harga 10.000 hingga 35.000
tergantung dari produknya masing-masing. Untuk topping sendiri juga dimulai
dengan harga yang terjangkau.
3. PROMOTION
Promosi yang mereka berikan berupa promosi
yang dilakukan di media sosial Twitter, Brosur dan omongan dari mulut ke mulut.
Saya tahu Calton Dessert House ini dari teman saya yang sering lewat jalan
Kartini Raya.
4. PLACE
Tempatnya pun cukup strategis, terletak
dipinggir jalan raya dekat dengan beberapa sekolah dan stasiun depok lama yang
memudahkan konsumen baru untuk bisa menemukan tempat ini, yang saya tahu di
Depok baru ada 1 Calton Dessert House.
5. PARTISIPANT
Saya melihat disana banyak participant yang
terkait, dari kasir, pelayan dan tukang parker yang menjaga parkiran agar tetap
aman
6. PROCESS
Pada saat pembelian, saya merasa puas
karena dari menu yang ditawarkan sudah lengkap dengan cantuman harga dan
penjelasan dari kasir mengenai produk yang saya belum tahu persis dari namanya
akan dijelaskan dan kasirnya pun ramah. Pada saat datang ke sini, kita akan
menemukan kasir untuk memesar terlebih dahulu dan membayar dengan menggunakan system
komputer yang sudah canggih menurut saya, lalu kita memilih tempat duduk dan
pesanan akan segera diantarkan ke meja kita.
7. PHYSICAL EVIDENCE
Menurut saya, dekorasi ruangan dari Calton
Dessert House cukup Minimalis dan terbilang nyaman, karena semua full AC dan
terdapat pemutar lagu agar kita tidak bosan bila berkunjung kesini. Tenpat duduknya
pun membuat nyaman karena empuk dan lebar serta terdapat mainan yang bisa kita
mainkan saat berkunjung disini seperti UNO Card, UNO Stako, Monopoli, Congklak
dan masih banyak lagi. Disini juga tersedia FREE WI-FI dan disetiap tempat
duduk disediakan 2 buah stop contact untuk men-charge smartphone atau laptop. Toilet
yang disediakan terbilang bersih dan wangi.
Referensi :
http://www.lebahmaster.com/tips-dan-trik/tips-marketing/pengertian-marketing-mix
http://www.depoklik.com/gayahidup/2015/02/09/menikmati-aneka-dessert-khas-taiwan-di-calton-dessert-house/
http://nuramaliautami.blogspot.com/2014/11/calton-dessert-house.html