Minggu, 05 April 2015

Strategi Perusahaan

Marketing Mix adalah sekumpulan variable - variabel pemasaran yang dapat dikendalikan, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam target pemasaran
Definisi Marketing MIX
Marketing mix mempunyai unsure 4P yakni Product, Price, Promotion dan Place.

1. PRODUCT
Produk terbagi menjadi dua yakni produk bisa dilihat dan hanya bisa dirasakan(tidak bisa dilihat). Suatu produk perlu diperhatikan kualitas, layanan dan lain-lainnya karena konsumen pada saat membeli bukan sekedar keinginan tetapi juga membutuhkan produk itu sendiri, maka harus diperhatikan kepuasan sang konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

2. PRICE
Dalam menentukan harga, strategi yang ditawarkan kepada konsumen menjadi penentu apakah konsumen mau membeli produk tersebut atau tidak.

3. PROMOTION
Strategi dalam mempromosikan atau mengkomunikasikan informasi produk atau jasa dari penjual kepada pembeli, penjual harus pandai menyusun strategi promosi agar produk dikenali dan menarik banyak konsumen.

4. PLACE
Strategi place disebut juga saluran distribusi, berarti keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari prodesun ke konsumen atau pemakai.

5. PARTISIPANT OR PEOPLE
Partisipant yang dimaksud adalah mereka yang ikut berpartisipasi dalam strategi pemasaran sebuah produk atau jasa, para pelayan, kasir, chef dan lain-lainnya, baik yang terlihat langsung atau tidak.

6. PROCESS
Process menunjukkan bagaimana proses pelayanan yang diberikan kepada konsumen pada saat melakukan pembelian produk atau jasa yang kita tawarkan.

7. PHYSICAL EVIDENCE
Lingkungan fisik berkaitan dengan keadaan atau kondisi yang didalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling jelas dan Nampak dalam kaitannya dengan situasi pemasaran. Maksud dari situasi ini adalah keadaan atau situasi dan kodisi secara geografi, lingkungan institusi, dekorasi ruangan, adanya suara, aroma fisik, cahaya yang terpancar, cuaca yang baik, peletakan dan layout yang Nampak.

Dalam tulisan kali ini saya akan mengulas mengenai strategi sebuah perusahaan yakni Calton Dessert House yang berlokasi di JL.Kartini Raya No.16G, Depok yang menyajikan aneka dessert khas Taiwan.

1. PRODUCT
Saya termasuk konsumen Calton Dessert House yang hampir sering berkunjung. Produk yang paling favorit disana adalah Matcha Milk Tea with  Egg Pudding. Ada juga minuman greentea yang dipadukan dengan susu dan topping egg pudding.
Menu lainnya juga ada fresh fruit tea (minuman rasa buah yang dipadukan dengan greentea), fresh milk tea(minuman greentea yang dipadukan dengan susu), original tea, snack dan dessert khas Taiwan.
Dessert yang ditawarkan oleh Calton Dessert House yakni perpaduan Vanilla Ice Cream, Gress Jelly (cincau), kacang merah, bubble, taqo q balls, sweet potato balls dan egg pudding.
Disana juga terdapat Nasi Goreng dan Snacks seperti kentang goring yang diberikan bumbu yang sangat lezat.

2. PRICE
Menurut saya, harga yang ditawarkan sesuai dengan produk yang ditawarkan, mereka memberikan harga 10.000 hingga 35.000 tergantung dari produknya masing-masing. Untuk topping sendiri juga dimulai dengan harga yang terjangkau.

3. PROMOTION
Promosi yang mereka berikan berupa promosi yang dilakukan di media sosial Twitter, Brosur dan omongan dari mulut ke mulut. Saya tahu Calton Dessert House ini dari teman saya yang sering lewat jalan Kartini Raya.

4. PLACE
Tempatnya pun cukup strategis, terletak dipinggir jalan raya dekat dengan beberapa sekolah dan stasiun depok lama yang memudahkan konsumen baru untuk bisa menemukan tempat ini, yang saya tahu di Depok baru ada 1 Calton Dessert House.

5. PARTISIPANT
Saya melihat disana banyak participant yang terkait, dari kasir, pelayan dan tukang parker yang menjaga parkiran agar tetap aman

6. PROCESS
Pada saat pembelian, saya merasa puas karena dari menu yang ditawarkan sudah lengkap dengan cantuman harga dan penjelasan dari kasir mengenai produk yang saya belum tahu persis dari namanya akan dijelaskan dan kasirnya pun ramah. Pada saat datang ke sini, kita akan menemukan kasir untuk memesar terlebih dahulu dan membayar dengan menggunakan system komputer yang sudah canggih menurut saya, lalu kita memilih tempat duduk dan pesanan akan segera diantarkan ke meja kita.

7. PHYSICAL EVIDENCE
Menurut saya, dekorasi ruangan dari Calton Dessert House cukup Minimalis dan terbilang nyaman, karena semua full AC dan terdapat pemutar lagu agar kita tidak bosan bila berkunjung kesini. Tenpat duduknya pun membuat nyaman karena empuk dan lebar serta terdapat mainan yang bisa kita mainkan saat berkunjung disini seperti UNO Card, UNO Stako, Monopoli, Congklak dan masih banyak lagi. Disini juga tersedia FREE WI-FI dan disetiap tempat duduk disediakan 2 buah stop contact untuk men-charge smartphone atau laptop. Toilet yang disediakan terbilang bersih dan wangi.

Referensi :
http://www.lebahmaster.com/tips-dan-trik/tips-marketing/pengertian-marketing-mix
http://www.depoklik.com/gayahidup/2015/02/09/menikmati-aneka-dessert-khas-taiwan-di-calton-dessert-house/
http://nuramaliautami.blogspot.com/2014/11/calton-dessert-house.html

Desain & Struktur Organisasi



Klik disini untuk melihat lebih lengkap...