Minggu, 29 Maret 2015

Perbandingan Sicepat Express dan Pos Giro Indonesia

Semakin berkembangnya zaman dunia yang semakin modern dan canggih dengan banyak teknologi terbaru yang mengelilingi kita, kegiatan belanja menjadi lebih mudah. Belanja pun tidak perlu datang ke toko, mengecek barang dan bertatap muka dengan pedagangnya. Kita bisa membeli dengan cara memesan online atau daring dengan mengunjungi website sang penjual (online shop / e-commerce) dan bisa membeli barang dari kejauhan. Pembelian dengan mentransfer uang ke rekening penjual untuk membeli barang dan sang penjual akan mengirimkan barang pesanan kita menggunakan perusahaan jasa logistik yang ada di seluruh Indonesia.

SiCepat  Express

Sicepat adalah perusahaan ekspedisi yang didirikan pada tahun 2004, dengan visi dan misi untuk menjadi yang terbaik dibidangnya. Area kegiatan usaha SiCepat saat ini meliputi transportasi untuk Udara dan Darat. Motto SiCepat adalah "Your Delivery is Our Priority, dimana dengan motto ini kami akan berkembang dan maju seiring dengan kepercayaan pelanggan yang kami jaga."
Kelebihan SiCepat Express

  • Resi kami sms ke customer langsung, jadi OlShop Owners tidak perlu capek2 ketik resi 1-1.
  • Pick Up Delivery untuk barang diatas 10 paket
  • BEST (Besok Sampai Tujuan) bagi kamu yang butuh 1 day service
  • Pengiriman dengan cepat dan akurat
  • Untuk olshop tidak ada pengiriman double lagi karena bisa dideteksi oleh sistem kami
  • Kami bekerja sama dengan www.mintaresi.com agar memudahkan para pelanggan dalam mendapatkan resi.
  • Integrasi sistem dengan web API untuk website OlShop / E-Commerce

POS Giro Indonesia

Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. saat ini bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia.
Kantor pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.

Visi     : Menjadi Perusahaan pos terpercaya
Misi   :

  • Berkomitmen kepada pelanggan untuk menyediakan layanan yang selalu tepat waktu dan nilai terbaik
  • Berkomitmen kepada karyawan untuk memberikan iklim kerja yang aman, nyaman dan menghargai kontribusi
  • Berkomitmen kepada pemegang saham untuk memberikan hasil usaha yang menguntungkan dan terus bertumbuh
  • Berkomitmen untuk berkontribusi positif kepada masyarakat
  • Berkomitmen untuk berperilaku transparan dan terpercaya kepada seluruh pemangku kepentingan
  • Telah bekerja sama dengan aplikasi jejaring sosial LINE untuk mempermudah kita dalam menggunakan jasa SiCepat

Motto           : Terus Bergerak Maju (Move On)

Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki 3.700 Kantorpos online, serta dilengkapi elektronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

Layanan Logistik / Kargo yang ditawarkan

Point to Point

  • Layanan pengiriman barang dari gudang Pengirim langsung ke gudang Penerima.
  • Harga dapat dinegosiasikan.
Kargo Pos (Paket Optima)

  • Solusi untuk kiriman Anda tanpa batasan ukuran dan berat.
  • Untuk dikirim ke/dari dalam dan luar negeri dengan layanan Door to Door, Door to Port, Port to Door, Port to Port sesuai dengan permintaan.
  • Garansi Asuransi ongkos kirim dan Nilai Barang.
  • Pengurusan penyelesaian dokumen.
  • Tarif kompetitif.
Kelebihan POS Giro Indonesia

  • Lebih berpengalaman dalam melayani pelanggan
  • Melayani pengiriman Pos Domestik dan Internasional
  • Melayani Weselpos Domestik dan Internasional
  • Melayani Western Union
  • Tarif pengiriman lebih murah
  • Bisa cek resi di website
  • Pengiriman barang dengan pilihan cepat sampai atau biasa saja

KELEMAHAN
SiCepat : Merupakan perusahaan baru yang masih berkembang dalam menggeluti bidangnya dan kurang berpengalaman.
POS Indonesia : Pengiriman barang relatif lebih lama

Menurut saya, SiCepat lebih baik dalam pengiriman karena menurut pengalaman saya dalam berbelanja online dan dikirimkan menggunakan SiCepat, saya mendapat langsung nomor resi dari SiCepat dan barang cepat sampai ke tujuan. Terdapat banyak keluhan yang sudah menggunakan jasa SiCepat. Namun bila ingin mengirimkan ke luar Indonesia belum bisa karena masih menangani dalam negri/domestik. Sedangkan Pos Indonesia memang relatif lebih lama dalam pengiriman, tetapi pelayanannya kini semakin berkembang lebih baik dan membuat pelanggan lebih nyaman dan tetap akan menggunakan layanan jasa di Pos Indonesia.

Referensi :
http://sicepat.com/
http://www.posindonesia.co.id/



Kepemimpinan



Untuk lebih jelasnya bisa mengunjungi SlideShare saya disini...