Minggu, 09 November 2014

Komunikasi dalam Organisasi

Organisasi adalah sekelompok masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Komunikasi adalah perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik.
Komunikasi dalam organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam hubungan jaringan yang saling bergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang selalu berubah-ubah. (Goldhear, 1986).

PROSES KOMUNIKASI dalam ORGANISASI

Proses berkomunikasi dimulai dari adanya pesan yang akan disampaikan oleh pengirim, kemudian ditransfer melalui suatu channel (saluran), kemudian diterima oleh penerima.
Perhatikan gambar berikut:
proses komunikasi
Terdapat dua bentuk, yaitu:
1.      Formal Small-Group Network, yaitu jaringan komunikasi secara formal di dalam kelompok kecil di dalam organisasi. Secara umum, bentuk komunikasi ini terdiri dari tiga bentuk, yaitu bentuk chain (rantai), wheel, dan all chain (perpaduan dari chain dan wheel)
komunikasi dalam organisasi
2.      The Grapevine, yaitu jaringan komunikasi di dalam organisasi secara informal.


DEFINISI KOMUNIKASI
Harold Lasswell
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).
Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
Bernard Barelson & Garry
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
William J. Seller
William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

1.      Sumber, semua periwtiwa komunikasi akan melobatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi.

2.      Pesan, pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi.

3.      Media, sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.  Media digolongkan dalam empat macam. Media antarpribadi, media kelompok, media publik dan media massa.

4.      Penerima, Penerima adalah  pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber.  Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau negara. Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver.

5.      Pengaruh atau Efek, Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini biisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, pengaruh bisa juga diartikan perubahan atau pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan pesan (Hafied Cangara, 2008;22-27).


TAHAPAN-TAHAPAN MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI

(a)   Ide (gagasan) oleh sender.
(b)   Perumusan yaitu dalam perumusan ini ide si sender disampaikan oleh kata-kata.
(c)    Penyaluran (transmitting) yaitu penyaluran ini bisa lisan,tertulis,simbol maupun isyarat,dll.
(d)   Tindakan yaitu tindakan ini sebagai contoh perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.
(e)   Pengertian yaitu kata-kata si sender dalam perumusan tadi dijadikan ide oleh si penerima.
(f)     Penerimaan yaitu ide atau informasi ini diterima oleh penangkap berita (receiver).


HAMBATAN-HAMBATAN KLASIFIKASI DALAM KOMUNIKASI dalam ORGANISASI

Di bawah ini ada beberapa klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :

 Dari segi Sifatnya :

a)      Komunikasi Lisan; komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
Contoh : presentasi

b)      Komunukasi Tertulis; komunikasi melalui tulisan
Contoh : email

c)      Komunikasi Verbal; komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
Contoh : curhat

d)      Komunikasi Non Verbal; komunikasi yang tidak dibicarakan (tersirat)
Contoh : seseorang yang nerves (gemetar)

Dari segi Arahnya :

a)      Komunikasi Ke atas; komunikasi dari bawahan ke atasan
b)      Komunikasi Ke bawah; dari atasan ke bawahan
c)      Komunikasi Horizontal; komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d)      Komunikasi Satu Arah; pemberitahuan gempa melalui BMKG (tanpa ada timbal balik)
e)       Komunikasi Dua Arah; berbicara dengan adanya timbal balik/ saling berkomunikasi

Menurut Lawannya :

a)      Komunikasi Satu Lawan Satu; berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya
Contoh : berbicara melalui telepon

b)  Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok);  berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
Contoh : kelompok satpam menginterogasi maling

c)      Kelompok Lawan Kelompok; berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain
Contoh : partai politik

Menurut Keresmiannya :

a)      Komunikasi Formal; komunikasi yang berlangsung resmi
Contoh : rapat pemegang saham

b)      Komunikasi Informal; komunikasi yang tidak resmi
Contoh : berbicara dengan teman

Referensi :
Buku Perilaku Organisasi Jilid 1
Buku Manajemen Pasar. Pengertian dan Masalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan konten yang baik :