Organisasi adalah sekelompok masyarakat yang saling
bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Komunikasi
adalah perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara
bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik.
Komunikasi dalam organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar
pesan dalam hubungan jaringan yang saling bergantung satu sama lain untuk
mengatasi lingkungan yang selalu berubah-ubah. (Goldhear, 1986).
PROSES KOMUNIKASI dalam ORGANISASI
Proses
berkomunikasi dimulai dari adanya pesan yang akan disampaikan oleh pengirim,
kemudian ditransfer melalui suatu channel (saluran), kemudian diterima oleh
penerima.
Perhatikan
gambar berikut:
Terdapat dua
bentuk, yaitu:
1.
Formal Small-Group Network, yaitu jaringan komunikasi secara
formal di dalam kelompok kecil di dalam organisasi.
Secara umum, bentuk komunikasi ini terdiri dari tiga bentuk, yaitu bentuk chain (rantai), wheel, dan all chain
(perpaduan dari chain dan wheel)
2.
The Grapevine, yaitu jaringan komunikasi di dalam organisasi secara informal.
DEFINISI
KOMUNIKASI
Harold Lasswell
Komunikasi
pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa?
dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says
what? in which channel? to whom? with what effect?). (Lasswell 1960).
Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman
simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan
respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada
penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber
kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku
mereka.
Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang
menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk
mengubah perilaku orang lain.
New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan
diskriminatif dari sumber kepada penerima.
Bernard Barelson & Garry
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi,
keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata,
gambar, grafis, angka, dsb.
Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling
menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi
merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan
pembangkitan balasannya.
William J. Seller
William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses
dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1.
Sumber, semua periwtiwa komunikasi
akan melobatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi.
2.
Pesan, pesan yang dimaksud dalam
proses komunikasi adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima.
Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi.
3.
Media, sarana yang digunakan untuk
menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Media digolongkan dalam empat macam. Media
antarpribadi, media kelompok, media publik dan media massa.
4.
Penerima, Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim
oleh sumber. Penerima bisa terdiri satu
orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelempok, partai atau negara. Penerima
biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran,
komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver.
5.
Pengaruh atau Efek, Pengaruh atau
efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh
penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh ini biisa terjadi pada
pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang. Oleh karena itu, pengaruh bisa
juga diartikan perubahan atau pengetahuan, sikap, dan tindakan seseorang
sebagai akibat penerimaan pesan (Hafied Cangara, 2008;22-27).
TAHAPAN-TAHAPAN
MENYALURKAN IDE MELALUI KOMUNIKASI
(a) Ide (gagasan)
oleh sender.
(b) Perumusan yaitu
dalam perumusan ini ide si sender disampaikan oleh kata-kata.
(c) Penyaluran (transmitting) yaitu penyaluran ini bisa
lisan,tertulis,simbol maupun isyarat,dll.
(d) Tindakan yaitu
tindakan ini sebagai contoh perintah-perintah dalam organisasi dilaksanakan.
(e) Pengertian
yaitu kata-kata si sender dalam perumusan tadi dijadikan ide oleh si penerima.
(f) Penerimaan
yaitu ide atau informasi ini diterima oleh penangkap berita (receiver).
HAMBATAN-HAMBATAN KLASIFIKASI DALAM KOMUNIKASI
dalam ORGANISASI
Di bawah ini ada beberapa klasifikasi
komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :
Dari segi Sifatnya
:
a) Komunikasi Lisan; komunikasi yang berlangsung
lisan / berbicara
Contoh
: presentasi
b) Komunukasi Tertulis; komunikasi melalui
tulisan
Contoh
: email
c) Komunikasi Verbal; komunikasi yang
dibicarakan/diungkapkan
Contoh
: curhat
d) Komunikasi Non Verbal; komunikasi yang tidak
dibicarakan (tersirat)
Contoh
: seseorang yang nerves (gemetar)
Dari segi Arahnya
:
a) Komunikasi Ke atas; komunikasi dari bawahan ke
atasan
b) Komunikasi Ke bawah; dari atasan ke bawahan
c) Komunikasi Horizontal; komunikasi ke sesama
manusia / setingkat
d) Komunikasi Satu Arah; pemberitahuan gempa
melalui BMKG (tanpa ada timbal balik)
e) Komunikasi Dua Arah; berbicara dengan adanya
timbal balik/ saling berkomunikasi
Menurut Lawannya
:
a) Komunikasi Satu Lawan Satu; berbicara dengan
lawan bicara yang sama banyaknya
Contoh
: berbicara melalui telepon
b) Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok); berbicara antara satu orang dengan suatu
kelompok
Contoh
: kelompok satpam menginterogasi maling
c) Kelompok Lawan Kelompok; berbicara antara
suatu kelompok dengan kelompok lain
Contoh
: partai politik
Menurut Keresmiannya :
a) Komunikasi Formal; komunikasi yang berlangsung
resmi
Contoh
: rapat pemegang saham
b) Komunikasi Informal; komunikasi yang tidak
resmi
Contoh : berbicara
dengan teman
Referensi :
Buku Perilaku Organisasi Jilid 1
Buku Manajemen Pasar. Pengertian dan Masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan konten yang baik :